Saturday, September 25, 2021

SIM Anda Hilang? Berikut Cara Mengurus dan Biayanya


Kehilangan SIM tentu merupakan hal yang tidak diinginkan oleh siapa pun. Apalagi mengingat perjuangan membuat SIM yang begitu panjang serta biaya yang telah dikeluarkan. Namun apabila Anda sekarang sudah kehilangan SIM, tidak perlu panik berlebihan. Berikut ini cara mengurus SIM hilang yang wajib kamu ketahu.

 

Membuat Laporan Kepada Pihak Berwajib

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat akan mengurus SIM baru karena SIM hilang adalah melaporkan kehilangan kepada pihak berwajib. Kemudian nanti kamu akan mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian. Melalui surat kehilangan ini kamu bisa mengurus SIM yang hilang di Satpas.

 

Mendatangi Satpas

Setelah mendapatkan surat kehilangan, kamu harus mendatangi Satpas sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Jangan lupa untuk membawa KTP dan fotokopi SIM yang hilang apabila masih ada. 

 

Mendatangi Loket Kesehatan

Setelah selesai di Satpas, kamu harus menuju loket kesehatan untuk melakukan pemeriksaaan kesehatan. Kemudian kamu akan mengurus Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi pada bagian loket asuransi. Biayanya sama dengan bagian kesehatan.

 

Melakukan Pendaftaran

Langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan diri dan menyerahkan semua berkas persyaratan. Kemudian jangan lupa untuk mengambil formulir kehilangan serta membayar biaya formulir pada loket BRI.

 

Mendatangi Loket Verifikasi SIM

Kamus selanjutnya harus mendatangi loket verifikasi SIM, SIM sebelumnya dapat diambil namun harus menunggu selama 5 sampai 10 menit untuk verifikasi.

 

Foto Serta Sidik Jari

Langkah terakhir yaitu foto dan pengambilan tanda tangan dan sidik jari. Kamu harus memastikan bahwa seluruh data yang ada pada SIM sudah benar, mulai dari penulisan nama, alamat, dan sebagainya.

 

Biaya

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengurus SIM hilang yaitu sekitar 125 ribu untuk SIM C, dan 130 ribu untuk SIM A. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya asuransi jiwa dan biaya pengganti SIM serta biaya cek kesehatan.

Apabila kamu sudah mendapatkan SIM baru, sebaiknya disimpan dengan baik. Serta selalu dibawa saat sedang perjalanan, supaya kamu selalu aman dan terhindar dari tilangan polisi.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon