Thursday, December 17, 2020

Bisakah Impor Barang Atas Nama Perorangan?

Bisakah Impor Barang Atas Nama Perorangan?

 

Banyak orang bertanya apakah jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia dapat dilakukan oleh perseorangan? Sebab selama ini pengiriman dari luar negeri jarang dilakukan perorangan.

Sebenarnya, sudah banyak orang perseorangan melakukan jual beli barang dari luar negeri. Apalagi dengan adanya e-commerce seperti Amazon, maka lebih mudah mengirim barang dari luar negeri. Jadi, mengimpor barang oleh perorangan bisa dilakukan, tapi biasanya dalam jumlah kecil.

 

Apa Saja yang Diperlukan Saat Impor Barang?

Biasanya impor barang yang dilakukan perorangan dalam jumlah kecil karena untuk quantity jumlah besar hanya bisa dilakukan cv atau perusahaan dengan izin resmi. Cek yang berikut ini untuk tahu bagaimana impor barang perorangan:

 

1. Cara Pengiriman Barang Impor Perorangan

Ketika Anda ingin membeli barang impor langsung dari luar bukan membeli dari toko yang ada di Indonesia, maka jenis pengiriman merupakan pengiriman kecil. Artinya dalam besaran volume dan berat relatif kecil dan riang. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia kurir, ekspedisi, atau layanan pos. 

 

2. Aturan Bea Cukai Mengenai Impor Perorangan 

Ada beberapa aturan dalam mengimpor barang bagi perorangan yang diatur bea cukai, yaitu:

  • Hanya boleh mengimpor barang dengan status bebas untuk diimpor. Jadi, Anda harus memperhatikan dengan baik apakah barang Anda termasuk dalam 3 kategori, yaitu barang bebas impor, barang dibatasi impor, dan barang dilarang impor.
  • Adanya pembatasan harga atau nilai barang impor. Untuk pengiriman via kurir hanya bisa maksimal mengirimkan barang senilai USD 15.000. Jadi, hati-hati dalam menentukan barang impor.
  • Bea masuk bisa dikenakan juga free. Dalam pengiriman barang ada yang namanya bea masuk. Tidak semua barang dikenakan bea masuk, tapi ada pula yang tidak dikenakan. Tergantung apakah barang yang dikirim termasuk dalam daftar barang yang boleh dikirimkan

3. Beberapa Aturan Pengiriman

Hal lain yang harus diperhatikan kala mengimpor barang adalah:

  • Perizinan dan legalitas dari barang yang dikirimkan jelas dan sudah sesuai dengan ketentuan serta ketetapan aturan negara. Sekarang ini pembuatan izin pengiriman sangat mudah dilakukan karena bisa melalui daring.
  • Pilih jasa pengiriman yang sesuai dengan besar produk dan negara tempat asal barang tersebut.
  • Pastikan packing rapi dan tidak mudah rusak sehingga kualitas barang yang dikirim selalu terjaga.
  • Hindari mengirimkan barang yang masuk daftar barang tidak boleh dikirim atau masa kadaluarsanya kurang dari 6 bulan.
  • Bayar kewajiban Anda, mulai dari bea masuk hingga biaya pengiriman

Nyatanya, mengimpor barang atas nama perorangan juga bisa dilakukan. Bahkan tidak perlu persyaratan ribet. Hanya saja ada batasan nilai, volume, dan berat yang harus diperhatikan. Selalu pastikan untuk memilih jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan pengiriman Anda.



Sumber:

  1. https://www.blog.eksporimpor.com/saya-atas-nama-perorangan-bisakah-mengimpor-barang-dari-luar-negeri.html
  2. https://www.asiacommerce.id/bagaimana-cara-impor-barang-tanpa-ribet/
  3. https://indonesia.go.id/layanan/perdagangan/ekonomi/cara-impor-barang-dari-luar-negeri

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon