Tuesday, August 4, 2020

5 Olahraga Aman bagi Penderita Jantung dari SehatQ.com

5-Olahraga-Aman-bagi-Penderita-Jantung-dari-SehatQ.com

Penderita jantung tidak boleh menjalankan kegiatan fisik yang terlalu berat sebab bisa mengancam keselamatan jiwa. Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, olahraga berlebihan bisa menjadi musuh utama. Bukan berarti Anda hanya perlu duduk santai di rumah, lho! Anda tetap memerlukan kegiatan fisik yang bisa mendukung kekuatan otot jantung, menjaga berat badan tetap ideal dan mengurangi risiko kerusakan arteri. Berikut jenis olahraga yang direkomendasikan SehatQ.com untuk penderita penyakit jantung!

Olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita jantung

Ada baiknya Anda tanya dokter untuk memastikan jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa membahayakan kesehatan jantung. Sebagai referensi, berikut jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh penderita penyakit jantung.

1. Senam aerobik

Orang yang memiliki penyakit jantung bisa melakukan olahraga aerobik atau kardio secara mandiri di rumah. Namun, pastikan Anda memiliki pendamping selama melakukan olahraga aerobik yang berfungsi untuk merangsang detak jantung dan meningkatkan aliran darah yang optimal. Efisiensi penggunaan oksigen bagi penderita penyakit jantung bisa terbentuk lewat latihan aerobik secara rutin.

2. Jalan kaki atau jogging ringan

Jenis olahraga lambat dan ringan yang cocok untuk penderita jantung adalah jalan kaki. Gerakan hampir seluruh bagian tubuh dalam intensitas yang ringan akan membuat Anda menjadi lebih sehat. Kinerja otot jantung tidak terlalu berat sehingga aman Anda lakukan, kok.

3. Yoga atau meditasi

Ingin merelaksasi tubuh dan pikiran dengan kegiatan olahraga yang ringan? Pilih yoga atau meditasi yang aman dilakukan penderita penyakit jantung. Yoga tidak menguras tenaga berlebihan dan bisa membuat batin lebih tenang. Orang-orang yang memiliki penyakit jantung harus menjaga tingkat stress terkelola dengan baik. 

4. Bersepeda

Jenis olahraga yang direkomendasikan SehatQ.com untuk penderita jantung adalah bersepeda santai. Bukan hanya dipengaruhi oleh tren bersepeda yang tengah hits, olahraga ringan seperti sepeda santai saat pagi atau sore hari bisa memberikan ketenangan batin. Suasana hati yang lebih baik bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan daya tahan tubuh meningkat.

5. Berenang

Aktivitas olahraga yang bisa Anda lakukan meskipun mengidap penyakit jantung adalah berenang. Jeda istirahat yang berfungsi untuk mengatur tempo gerakan otot jantung bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Penderita jantung tetap wajib melakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggu guna menunjang kinerja otot jantung. Apabila melakukan olahraga rutin setiap hari bukan hal yang salah. Ada baiknya Anda melakukan konsultasi tentang jenis olahraga yang tepat. 

Penting sekali untuk berkonsultasi dengan dokter terkait rencana melakukan olahraga yang baik. Dokter akan memberikan informasi mengenai intensitas olahraga yang tepat sesuai dengan kapasitas diri sang pasien. Tidak perlu datang langsung ke klinik, Anda bisa memanfaatkan fitur tanya dokter di aplikasi SehatQ.com. Nantinya dokter akan memberikan arahan intensitas olahraga yang sesuai berdasarkan keterangan kapasitas diri Anda. 

Jadi, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi fisik saat melakukan aktivitas fisik skala ringan hingga sedang. Misalnya berapa detak jantung, tingkat kecepatan napas, apakah Anda mudah lelah dan ngos-ngosan, berkeringat, dan faktor penentu lain. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan setiap melakukan olahraga ringan, ya! 

Selama Anda mematuhi aturan atau tips melakukan olahraga yang aman bagi penderita penyakit jantung, maka risiko gerakan otot jantung yang berlebihan bisa dicegah seminimal mungkin. Selain itu, olahraga rutin bisa menunjang kinerja otot jantung Anda lebih baik asal sesuai kapasitas diri masing-masing. Yuk, mulai rutin melakukan olahraga yang baik untuk mendukung kesehatan jantung Anda!

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon