Friday, March 6, 2020

Sumber-Sumber Vitamin untuk Ibu Hamil

Sumber-Sumber-Vitamin-untuk-Ibu-Hamil

Kehamilan adalah momen yang ditunggu bagi Anda yang belum memiliki buah hati. Berbagai upaya dilakukan untuk menjaga kesehatan janin ketika Anda dinyatakan positif hamil. Pada umumnya seorang ibu hamil akan lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Olahraga, istirahat yang cukup hingga mengonsumsi makanan tertentu demi menjaga perkembangan calon anaknya. Ketahuilah vitamin bersumber dari beberapa jenis makanan hingga buah buahan. Simak sumber-sumber vitamin untuk ibu hamil.

1. Buah-buahan

Pada umumnya hampir semua mengandung vitamin yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Kebutuhan ibu hamil akan vitamin tak bisa diabaikan. Asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup guna membantu pertumbuhan janin dan kesehatan ibu semasa hamil. Asam folat banyak berasal dari buah-buahan.

Buah jeruk merupakan buah yang kaya akan kandungan asam folat. Jeruk yang dibikin jus sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat ibu semasa hamil. Selain buah jeruk, buah alpukat juga populer di masyarakat sebagai buah memiliki kadar asam folat yang cukup tinggi. Satu cangkir potongan alpukat diperkirakan setara dengan 90 mcg asam folat atau 22% AKG.

Buah alpukat dapat diolah menjadi beraneka ragam bentuk makanan. Tak hanya terkenal sebagai buah yang kaya akan asam folat, buah berwarna hijau dengan biji besar ini juga kaya serat dan vitamin K. Adapun buah-buahan lainya yang mengandung vitamin untuk ibu hamil yaitu, pepaya, strawberry, pisang, mangga, jambu dan lain-lain.

2. Sayuran

Tak hanya kandungan vitamin yang perlu diperhatikan, hal lain seperti cara pengolahan sayuran yang harus dilakukan dengan baik untuk menghindari hilangnya vitamin yang terkandung didalamnya. Banyak jenis vitamin yang harus dipenuhi selama masa hamil. Pada umumnya sayuran yang memiliki warna hijau gelap merupakan sumber serat dan asam folat.

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang perlu dikonsumsi ibu hamil. Brokoli mengandung kalsium, vitamin C, K, dan asam folat yang cukup tinggi. Zat yang terkandung di dalam brokoli terbukti memiliki manfaat untuk mengurangi konstipasi. Selain itu daun bawang yang pada umumnya digunakan sebagai penghias saat menyajikan makanan juga sebagai campuran masakan tertentu juga merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu perkembangan tulang bayi.

3. Daging dan Ikan

Daging merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik. Tapi tidak sembarang daging ya, bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan daging tanpa lemak adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Protein banyak terkandung didalam daging ayam dan daging sapi. Daging juga mengandung zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat beresiko mengakibatkan berat badan rendah bayi hingga kelahiran prematur.

Ikan salmon merupakan salah satu vitamin asal hewani yang termasuk dalam list makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi untuk ibu hamil. Ikan salmon mengandung vitamin D.Tapi ingat pengolahan ikan harus dilakukan dengan baik. Ikan salmon yang dikonsumsi dalam keadaan mentah sangat beresiko dan akan membahayakan pertumbuhan janin.

4. Produk Olahan Susu

Banyak produk olahan susu yang kini beredar di pasaran. Dari yoghurt hingga keju dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin. Kandungan protein dan kalsium dari produk olahan susu mampu membantu ibu hamil mengurangi resiko komplikasi selama masa kehamilan dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tentunya. 

Pola makan sehat harus dipertahankan selama masa kehamilan. Bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan selektiflah dalam memilih makanan. Perhatikan kandungan dalam makanan dan penuhi kebutuhan Anda dan janin Anda dengan baik. Berbagai produk sumber vitamin untk ibu hamil tersedia di www.blibli.com silahkan dicek.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon