Wednesday, December 11, 2019

9 Kebaikan Pisang, Si Kuning Manis Favorit Sejuta Umat



Siapa yang tidak mengenal dengan buah pisang? Rasa-rasanya yang lezat serta harga yang dapat dijangkau membuat buah ini jadi favorite beberapa orang. Tahukah Anda jika nyatanya terdapat beberapa faedah pisang buat kesehatan?
Apa faedah pisang untuk kesehatan?

1. Baik buat pencernaan

Bila Anda pernah dengar arti flu perut atau pernah alami keracunan makanan, karena itu pisang adalah pilihan yang pas untuk menentramkan gejolak perut Anda. Struktur pisang yang lembut membuat makanan ini bisa dengan gampang melalui aliran cerna, serta kandungan kaliumnya menolong gantikan elektrolit yang keluar dari badan Anda. Diluar itu, kandungan seratnya menolong meningkatkan kepadatan feses serta menurunkan diare.


Satu faedah pisang buat pencernaan ialah memudahkan permasalahan morning sickness pada ibu hamil. Pisang kaya vitamin B6, vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi sepanjang kehamilan buat kurangi permasalahan mual serta muntah.

2. Turunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam pisang bisa menolong turunkan tekanan darah. American Heart Association (AHA) menyarankan beberapa pasien hipertensi untuk konsumsi makanan tinggi kalium untuk menolong turunkan tekanan darah. Ini sebab kalium bertindak dalam turunkan tekanan darah dengan turunkan kandungan natrium pada tubuh. Tentunya, skema makan ini harus disertai dengan kurangi makanan yang memiliki kandungan banyak garam serta lemak.

3. Turunkan efek stroke

Kalium dalam pisang bukan sekedar menolong turunkan tekanan darah. Untuk wanita lanjut usia yang sudah melalui waktu menopause, faedah pisang bisa menolong membuat perlindungan Anda dari serangan stroke. Menurut satu riset yang dikutip oleh AHA, wanita saat menopause yang teratur konsumsi makanan tinggi kalium mempunyai efek lebih rendah untuk alami stroke dibanding dengan mereka yang tidak konsumsi makanan berkalium benar-benar.

4. Mengangkat daya

Bila Anda membutuhkan penambahan daya untuk olahraga, coba konsumsi pisang. Satu riset tunjukkan jika pisang bisa jadikan bahan penting minuman olahraga untuk gantikan elektrolit yang hilang. Serta, pisang didapati memberikan faedah yang lebih dari minuman olahraga biasa sebab memiliki kandungan kalium, karbohidrat, serat, serta vitamin B-6 alami. Minuman olahraga memang memiliki kandungan nutrisi, tetapi memiliki kandungan gula serta bahan bikinan yang lain.

5. Kaya magnesium

Magnesium adalah mineral yang menolong tiap organ serta skema pada tubuh agar berperan normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, menjaga peranan otot serta saraf, produksi daya, dan mengatur gula serta tekanan darah.

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan berkuranganya nafsu makan, migrain, osteoporosis, mual serta muntah, kesemutan, masalah irama jantung, serta kejang. Rutinitas minuman keras, mempunyai diabetes type 2, masalah aliran cerna, serta konsumsi makanan yang kurang bisa mengakibatkan Anda beresiko alami kekurangan magnesium.

Memberikan tambahan pisang ke menu makanan bisa menahan Anda alami kekurangan magnesium. Dua buah pisang memiliki ukuran sedang memiliki kandungan 16% dari keperluan magnesium harian Anda.

6. Sumber mangan yang baik

Anda mungkin jarang-jarang dengar tentang mangan. Tetapi, mineral ini adalah mineral yang penting dalam memperhatikan kesehatan badan. Mangan menolong metabolisme karbohidrat, cholesterol, serta asam amino pada tubuh manusia. Diluar itu, mineral ini bertindak penting dalam perkembangan tulang serta pengobatan cedera.

Beberapa riset tunjukkan jika wanita yang alami osteoporosis mempunyai kandungan mangan yang lebih rendah pada tubuh dibanding mereka yang tidak alami osteoporosis. Mangan direncanakan bisa menahan migrain, turunkan efek komplikasi kehamilan, serta turunkan efek kematian karena serangan jantung.
Dua buah pisang ukuran sedang memiliki kandungan seputar 30% keperluan mangan harian Anda.

7. Buah tinggi serat

Keperluan akan serat pada pria dibawah umur 50 tahun ialah seputar 38 gr /hari, serta 25 gr /hari untuk wanita. Banyak orang benar-benar tidak penuhi keperluan serat ini per harinya. Walau sebenarnya serat penting untuk memperhatikan kesehatan aliran cerna serta jaga gerakan usus. Diluar itu, serat penting juga untuk jaga kandungan cholesterol serta mengatur kandungan gula darah.


Serat dapat menolong Anda turunkan berat tubuh sebab jaga supaya Anda kenyang lebih lama. Makanan tinggi serat seperti sayuran serta buah fresh, dan gandum, memiliki kandungan lemak jahat serta kalori yang lebih rendah dibanding makanan diet yang lain.


Dua buah pisang memiliki ukuran sedang memiliki kandungan 6 gr serat, yang kurang lebih penuhi 23% dari keperluan harian Anda.

8. Menurunkan ngilu ulu hati serta menahan tukak lambung

Pisang adalah antasida alami serta berperan menetralisir asam lambung. Pisang memiliki kandungan anti-oksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang menolong tingkatkan membran mukus dalam lambung hingga menahan berlangsungnya tukak lambung.

9. Sehat buat kulit

Jangan buang pisang yang telah begitu masak bila Anda ingin mendapatkan faedah pisang untuk kesehatan kulit Anda. Pisang yang kematangan bisa dipakai jadi masker muka. Pisang memiliki kandungan vitamin C, satu anti-oksidan yang penting dalam pembentukan kolagen serta menolong menahan kehancuran karena cahaya UV. Pisang didapati bisa menahan munculnya jerawat, menyerap minyak, serta melembabkan kulit kering.

Untuk bikin masker muka dari pisang, tumbuk pisang masak sampai jadi adonan pasta halus. Berikan masker pisang pada kulit muka yang bersih serta biarlah sepanjang paling tidak 15 menit. Kemudian, cucilah dengan air sampai bersih. Untuk meningkatkan kelembapan, Anda bisa memberikan tambahan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon