Wednesday, November 13, 2019

Mengulik Green Canyon Pangandaran, Primadona Jawa Barat

Mengulik-Green-Canyon-Pangandaran,-Primadona-Jawa-Barat
Siapa yang tak kenal dengan Green Canyon Pangandaran ? objek wisata yang memiliki nama lain Cukang Taneuh ini, merupakan salah satu destinasi wisata alam di Indonesia yang cukup terkenal.
Berbagai wisatawan lokal maupun manca negara, datang berkunjung untuk menikmati keindahan yang diberikan di tempat ini. Sebelum mengunjungi tempat wisata ini, yuk simak apa saja yang harus dipersiapkan !

Green Canyon Berupa Aliran Sungai Cijulang
Objek unggulan dari Jawa barat ini, merupakan tempat wisata alam yang berupa aliran sungai yang diapit rimbunnya pepohonan. Sudah pasti anda akan bermain air menyusuri sungai Cijulang di tempat ini, oleh karena itu pastikan untuk membawa perlengkapan seperti baju tambahan sebagai ganti.
Aliran sungai Cijulang ini, memiliki kejernihan air yang luar biasa dan merupakan perpaduan dari air sungai dan air laut. Perpaduan tersebut, menghasilkan warna air yang kehijauan terang. Warna air sungai tersebutlah, yang menjadi ikon dari objek wisata Green Canyon Pangandaran . Sungai Cijulang mengalir, hingga menembus gua yang memiliki keindahan tak kalah cantiknya.

Anda dapat melihat pesona skalaktit dan stalakmit, di dalam gua yang ada di tempat ini. Pemandangan alam dari Green Canyon memang sangat terkenal, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan menyusuri sungai yang diapit dinding batu, keindahan Green Canyon pun semakin mengikat dengan rimbunnya pepohonan di sekitar lokasi.

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung wajib untuk menyewa sebuah perahu kayu dari dermaga Ciseureuh. Total perjalanan menuju Green Canyon kurang lebih sekitar 10 hingga 45 menit saja, dengan jarak dari dermaga sekitar 3 km. Harga untuk satu perahu dipatok sekitar Rp 150 ribu, dengan kapasitas maksimal 5 orang.

Nama Green Canyon DIberikan Oleh Seorang Turis Asing
Mengapa dinamakan dengan Green Canyon Pangandaran ? Memang, yang pertama kali menemukan keindahan dari tempat ini adalah seorang turis asal swiss. Dahulunya, tempat ini jarang dilalui oleh warga setempat karena dianggap angket. Mendengar hal tersebut turis yang saat itu sedang berkunjung ke Pengadaran, justru tertarik dan ingin mengunjunginya.


Tempat yang dianggap angker, justru dipandang lain oleh tersebut. Ia justru merasa takjub, dengan keindahan tempat yang dialiri sungai Cijulang. Dari pengalaman turis tersebut, ia menyebarkannya pada masyrakat di negara asalnya. Dari penyebaran inilah, mulai banyak yang mengunjungi tempat ini hingga menjadikannya objek wisata di Jawa Barat.

Awalnya tempat ini memiliki sebutan Cukang Taneuh, atau dalam bahasa Sunda disebut dengan Jembatan Tanah. Namun banyak turis luar negeri yang menyebut Cukang Taneuh, dengan nama Green Canyon. Nama ini merupakan pelesetan dari Grand Canyon yang berada di Colorado, Amerika Serikat.

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan di Green Canyon Pangandaran ini mulai dari berenang, menyusuri bebatuan di pinggis sungai, melihat indahnya dalam gua dengan menggunakan perahu, serta menikmati serung body rafting. Seluruh kegiatan tersebut, semakin dimanjakan dengan jernihnya air sungai dan indahnya pemandangan alam.

Persiapan Berlibur di Green Canyon
Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan, ketika hendak mengunjungi salah satu surga di Indonesia ini. Hal yang pertama adalah masalah transportasi, pastikan telah mengetahui alat transportasi apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai kawasan Pangandaran. Anda dapat menggunakan jalur Tasikmalaya menuju Ciamis, atau dari Tasikmalaya menuju Cipatujah.

Selain menentukan trasportasi menuju lokasi, anda juga perlu merencanakan musim yang cocok untuk berlibur. Karena merupakan wisata berupa air sungai, maka usahakan untuk tidak mengunjungi ketika musim hujan. Air Sungai yang meningkat serta bebatuan yang licin, sudah pasti akan membahayakan keselamatan anda.

Hal terpenting lainnya adalah, usahakan untuk membawa baju ganti. Ketika mengunjungi Green Canyon Pangandaran ini, maka anda akan siap untuk basah-basahan. Sehingga persiapkan pakaian ganti secukupnya, agar anda tidak terkena penyakit karena terlalu lama mengenakan pakaian basah. Apabila ingin membawa kamera, maka bawalah kamera anti air atau waterpfoor case.

Pemandangan alam yang menakjubkan, tentu mengundang wisatawan menuju Green Canyon yang ada di Jawa Barat ini. Airnya yang jernih dan ditemani rimbunya pepohonan, tentu sangat memanjakan mata kemanapun anda memandang. Apakah anda juga ingin mengunjungi salah satu surga di Jawa Barat ini ? Sebelum berangkat ada baiknya anda memiliki persiapan yang lengkap dan matang, agar menambah kenyamanan liburan anda dan rombongan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon