Friday, August 23, 2019

Jenis-Jenis Saklar Listrik Beserta Simbol dan Fungsinya

Saklar adalah salah satunya alat kelistrikan yang bisa dengan gampang anda jumpai dalam kehidupan seharian. Berdasar manfaatnya, saklar bermanfaat untuk memutuskan serta menyambungkan arus listrik. Jadi anda dapat memakai saklar untuk beberapa jenis kepentingan seperti hidupkan serta mematikan lampu. Pada dasarnya, saklar mempunyai 2 jenis pemakaian, untuk instalasi penerangan serta instalasi tenaga.

Saklar sangat berguna dalam mendukung keselamatan pemakaian tenaga listrik. Sebab pemakaian saklar dalam instalasi benar-benar menolong kurangi efek korseleting.


Tetapi apa anda ketahui jika nyatanya saklar terbagi dalam beberapa type. Bentuk fisik, peranan, dan lambangnya juga berlainan. Di bawah ini akan kami sediakan info pada anda mengenai beberapa jenis saklar listrik dan lambang serta manfaatnya.

Jenis-Jenis Saklar Listrik Dan Lambang serta Manfaatnya

Saklar Tunggal
Saklar tunggal umum didapati pada rumah, apartemen, hotel, atau industri. Peranan dari saklar tunggal adalah untuk hidupkan serta mematikan sebuah lampu atau lebih. Saklar ini cuma terbagi dalam atas satu tuas, jadi anda dapat menyambungkan atau mematikan banyak lampu cukup dengan sekali tekan.

Saklar Seri
Saklar seri adalah dua buah saklar tunggal yang dikaitkan dengan seri. Anda dapat hidupkan sebuah lampu atau lebih dengan bertepatan atau berganti-gantian. Umumnya sakalar ini dipasang pada ruang yang mempunyai lebih dari satu lampu. Contohnya ruangan keluarga dengan ruangan tamu.

Saklar Kutub 2
Adalah type saklar listrik yang berperan untuk menyambungkan atau memnutuskan saluran arus listrik pada sumber serta pada beban. Pemakaian saklar kutub 2 yang termudah kita jumpai adalah pada papan hubung buat (PHB) 1 fasa (Phase). Diluar itu, saklar type ini seringkali dipakai pada ruang yang lembab serta basah.

Saklar Ganti
Saklar ganti dipakai untuk hidupkan serta mematikan lampu dari 2 tempat yang berlainan. Diluar itu anda dapat juga memakainya untuk menyalakan 2 buah lampu atau lebih dengan berganti-gantian. Saklar ganti dapat dengan gampang anda jumpai pada gudang bawah tanah, lorong-lorong, serta tangga pada rumah bertingkat.

Langkah Pemasangan (Instalasi Saklar)

Berdasar PUIL (Kriteria Umum Instalasi Listrik), langkah pemasangan saklar di Indonesia dibedakan jadi 2 type yakni :

  • In-Bouw (Saklar ditanam pada tembok skema)
  • Out Bouw (Saklar tidak ditanam pada tembok skema)

Dalam pemasangan saklar ada banyak kriteria yang perlu dipenuhi dengan seseorang instalatir listrik, diantaranya:

  • Saklar harus bisa layani dengan aman tanpa ada membutuhkan alat membantu spesial
  • Saklar harus dipasang hingga sisi yang bergerak (tangkai) saklar tidak bertegangan saat saklar dalam kondisi terbuka ataukah tidak tersambung (terputus).
  • Dudukan saklar pada suatu instalasi harus seragam. Contohnya lampu akan hidup saat tuas saklar didorong ke atas.

Nah, demikian bahasan kita kesempatan ini mengenai beberapa jenis saklar listrik dan lambang serta manfaatnya. Terima kasih pada anda yang sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan informasi yang kami sediakan kesempatan ini berguna buat anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon