Thursday, August 1, 2019

Cara menghilangkan noda tinta pada pakaian



Noda tinta pada baju seringkali tidak terelakkan. Sebabnya dapat berbagai macam, dari mulai pulpen yang bocor di kantong pakaian sampai tercoret spidol karena tangan jahil anak Anda. Jangan cemas. Langkah hilangkan noda tinta di pakaian pada intinya lumayan sederhana. Anda cuma memerlukan pembersih noda tinta yang bagus, kesabaran, serta panduan tepat. Di bawah ini semuanya yang butuh Anda tahu tentang langkah hilangkan noda tinta pada pakaian.

Langkah bersihkan noda tinta memiliki bahan basic air

Umumnya pulpen yang kita gunakan seharian memakai tinta memiliki bahan basic air sehinga lebih gampang di hilangkan bila tentang baju. Serta, Anda mungkin tidak membutuhkan cairan penghilang tinta spesial. Mencucinya saja dengan air hangat serta detergen cukup sudah. Sebaliknya, untuk noda yang lebih membandel, tangani noda lebih dulu sebelum mencucinya dalam mesin pencuci.

  1. Untuk noda tinta yang cukup tebal pada baju, pakai kain mikrofiber untuk menyerap tinta yang masih basah keluar berbahan baju. Jangan mengusap atau menggosoknya, cukup tepuk-tepuk perlahan-lahan sampai noda tintanya tipis.
  2. Bila ruang nodanya lumayan luas, pakai produk pembersih noda tinta memiliki bahan basic air untuk menolong prosedurnya. Diamkan sepanjang 10 menit atau turuti ketentuan gunakan pada paket produk. Tes lebih dulu produk di ruang kecil.
  3. Gunakan kain untuk menyerap noda keluar dari serat pakaian. Pada step ini, noda sudah seharusnya lebih gampang di hilangkan.
  4. Masukan baju ke mesin pencuci tanpa ada mencampurkannya dengan baju lain. Anda tak perlu memakai air panas, cukup gunakan air pada suhu normal seperti yang Anda pakai untuk membersihkan baju biasa.
  5. Yakinkan noda tintanya sudah betul-betul hilang sebelum mengeringkan baju. Jika sisa-sisa noda masih terlihat, ulangilah beberapa langkah di atas. Mengeringkan baju sebelum nodanya hilang cuma akan membuat noda itu makin menempel serta lebih susah di hilangkan.

Langkah bersihkan noda tinta permanen memiliki bahan basic minyak

Walaupun lebih susah, hilangkan noda tinta permanen bukan suatu hal yang tidak mungkin. Tinta permanen dalam spidol atau pulpen dibuat berbahan basic minyak. Kita ketahui jika minyak tidak dapat dilawan dengan air hingga air bersatu detergen tidak efisien untuk hilangkan noda tinta type ini. Anda membutuhkan cairan penghilang tinta untuk merusak kandungan minyak di noda hingga lebih gampang di hilangkan. Di bawah ini cara-caranya:

  1. Serap tinta yang masih basah keluar berbahan baju memakai kain mikrofiber. Jangan gunakan tisu sebab serpihan serat-seratnya bisa ketinggalan di baju Anda.
  2. Berikan alkohol atau semprotkan hairspray langsung pada noda. Alkohol adalah pembersih noda tinta yang ampuh sebab dapat merusak kandungan minyak di tinta permanen. Yakinkan perputaran udara di seputar Anda lancar sebab berbau alkohol bisa saja benar-benar menusuk.
  3. Saat alkohol atau hairspray masih basah, langsung masukan baju ke mesin pencuci, lalu lakukan mesin pencuci pada suhu normal dengan penambahan detergen yang biasa Anda gunakan. Jangan mencucinya dengan baju lain.
  4. Bila nodanya sudah betul-betul hilang, keringkan baju dengan alami. Bila sisa-sisa noda masih kelihatan, ulangilah beberapa langkah di atas.


Langkah hilangkan noda tinta di pakaian sesudah kering

Satu hal yang butuh diingat ialah jika panas bisa membuat noda tinta makin melekat kuat di serat baju serta lebih susah di hilangkan. Oleh karenanya, Anda butuh pastikan jika noda sudah betul-betul hilang dari baju sebelum mengeringkannya.


Meskipun begitu, jika Anda temukan noda tinta yang sudah kering atau Anda tanpa ada menyengaja masukkan baju yang bernoda ke mesin pengering, Anda dapat menggunakan produk pengangkat noda yang ada di beberapa toko. Baca ketentuan gunakan pada paket produk serta tes lebih dulu di ruang kecil. Sesudah penggunaan produk, bersihkan kembali baju itu seperti biasa. Di sini, kesabaran Anda ditest sebab proses ini mungkin butuh diulangi seringkali sampai nodanya betul-betul hilang!
Beberapa kiat basic perlakuan noda tinta
  • Tangani noda tinta selekasnya mungkin. Noda yang masih fresh lebih gampang ditangani. Sebaliknya, noda tinta yang sudah kering serta melekat kuat ke serat baju membutuhkan produk pembersih noda tinta spesial serta lebih susah di hilangkan.
  • Jangan gosok atau usap noda tinta. Bukannya memudarkannya, menggosok malah akan membuat nodanya makin meluas. Tepuk-tepuk dengan perlahan-lahan untuk menyerap noda keluar berbahan baju tanpa ada mengakibatkan noda menebar ke sisi lain.
  • Diamkan produk pembersih sepanjang sesaat. Cairan penghilang tinta biasanya memakan waktu untuk kerja dengan efisien. Baca serta turuti petunjuk penggunaan produk.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon